Nisfu Sya Ban Hukum Forex
Segala puji hanyalah bagi Allah Yang Telah menyempurnakan Agama-Nya bagi kita, dan mencukupkan Nikmat-Nya kepada kita, semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada Junjungan kita Nabi besar Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam pengajak ke pintu Tobat dan pembawa rahmat. Amma ba8217du: Sesungguhnya Allah telah berfirman: 8220Artinya. Pada hari ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Kucukupkan kepadamu Nikmat-Ku dan Telah Kuridhoi Islam sebagai Agama bagimu.8221 Al-Maidah: 3 8220Artinya. Apakah Mereka mempunyai sesembahan-sesembahan selain Allah Yang mensyariatkan untuk Mereka Agama Yang tidak diridhoi Allah Sekirannya tak ada ketetapan Yang menentukan (Dari Allah) tentulah Mereka sudah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang zhalim esu akan memperoleh adzab yang pedih.8221 Asy-Syura. 21 Dari Aisyah radiAllahu 8216anha Dari Nabi Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda, 8220Barangsiapa mengada-adakan Suatu perkara (dalam Agama) Yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak.8221 Dalam lafazh Muslim: 8220Barangsiapa mengerjakan perbuatan Yang tidak kami perintahkan (dalam agama), maka ia tertolak.8221 Dalam Shahih Muslim Dari Jabir radiAllahu 8216anhu bahwasanya Nabi pernah bersabda dalam khutbah Jum8217at: Amma ba8217du, sesungguhnya sebaik - baik perkataan adalah Kitab Allah (Al-Qur8217an), dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam, dan sejahat-jahat perbuatan (dalam agama) ialah yang diada-adakan, dan setiap bid8217ah (yang diada-adakan) itu adalah sesat.8221 Masih banyak lagi Hadits-Hadits yang senada dengan Hadits ini, hal Mana semuanya menunjukkan dengan jelas, Bahwasanya Allah telah menyempurnakan agama ini untuk umat-Nya. Dia Telah mencukupkan nikmat - Nya bagi Mereka Dia tidak mewafatkan Nabi Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam kecuali sesudah beliau menyelesaikan tugas penyampaian risalahnya kepada UMAT dan menjelaskan kepada Mereka seluruh syariat Allah, baik melalui ucapan maupun pengamalan. Beliau menjelaskan segala sesuatu yang akan diada-adakan oleh sekelompok Manusia sepeninggalnya dan dinisbahkan kepada AJARAN Islam baik berupa ucapan maupun perbuatan, semuanya itu bid8217ah Yang tertolak, meskipun niatnya baik. Para shahabat dan ulama8217 mengetahui hal ini, maka mengingkari perbuatan-perbuatan bid8217ah dan memperingatkan kita darinya. Hal itu disebutkan oleh Mereka Yang mengarang tentang pengagungan Sunna dan pengingkaran bid8217ah, seperti Ibnu Wadhdhoh Ath Tharthusyi dan Abu Syaamah dan sebagainya gelegen. Di antara bid8217ah Yang biasa dilakukan oleh banyak orang ialah bid8217ah mengadakan upacara peringatan malam Nisfu Sya8217ban dan mengkhususkan Pada hari tersebut dengan Puasa tertentu. Padahal tidak ada satupun Dalil Yang dapat dijadikan sandaran, ada hadist-Hadits tentang Fadhilah malam tersebut tetapi Hadits-Hadits tersebut dlaif sehingga tidak dapat dijadikan landasan. Adapun hatits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan shalat pada hari itu adalah maudhu8217. Dalam hal ini, banyak di antara para 8216ulama Yang menyebutkan tentang lemahnya Hadits-Hadits Yang berkenaan dengan pengkhususan Puasa dan Fadhilah Shalat Pada hari Nisfu Sya8217ban, selanjutnya Akan kami sebutkan sebagian Dari ucapan Mereka. Pendapat para ahli Syam di antaranya Hafizh Ibnu Rajab dalam bukunya 8220Lathaiful Ma8217arif8221 mengatakan bahwa perayaan malam Nisfu Sya8217ban adalah bid8217ah dan Hadits-Hadits Yang menerangkan keutamaannya lemah. Hadits-Hadits lemah bisa diamalkan dalam ibadah jika asalnya didukung oleh Hadits-Hadits shahih, sedangkan upacara perayaan malam Nisfu Sya8217ban tidak ada dasar Hadits Yang shahih sehingga tidak bisa didukung dengan Dalil hadits - Hadits dhaif. Ibnu Taimiyah Telah menyebutkan kaidah ini dan kami Akan menukil pendapat para ahli ilmu kepada Sidang pembaca sehingga masalahnya Menjadi jelas para ulama8217 Telah bersepakat bahwa merupakan Suatu keharusan untuk mengembalikan segala apa yang diperselisihkan Manusia kepada Kitab Allah (Al-Qur8217an) dan Sunnan Rasul (Al - Hadits), apa saja yang Telah digariskan hukumnya oleh keduanya atau salah satu daripadanya, maka wajib diikuti dan apa saja yang bertentangan dengan keduanya maka Harus ditinggalkan, serta segala sesuatu Amalan ibadah yang belum pernah disebutkan adalah bid8217ah tidak boleh dikerjakan apabila mengajak untuk mengerjakannya atau memujinya . Allah berfirman dalam surat An-Nisaa8217: 8220Artinya. Hai orang-orang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan Ulil Amri (pemimpin-pemimpin) di antara kamu, maka jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur8217an) dan Rasul (Sunna) jika kamu Benar-Benar Beriman Kepada Allah dan Hari Kemudian. Yang demikian esu lebih utama (bagimu) und lebih baik akibatnya.8221 An-Nisaa: 59 8220Artinya. Tentang sesuatu apapun kamu berselisih, maka keputusannya (terserah) kepada Allah (yang mempunyai sifat-sifat demikian) itulah Tuhanku. Kepada-Nyala aku bertawakkal als kepada-Nyalah aku kembali.8221 Asy-Syuraa: 10 8220Artinya. Maka demi Tuhanmu, Mereka (Pada hakekatnya) tidak beriman hingga Mereka menjadikan kamu Hakim terhadap perkara Yang Mereka perselisihkan, kemudian Mereka tidak merasa sesuatu keberatan dalam hati Mereka terhadap putusan Yang kamu berikan, dan Mereka menerima sepenuhnya.8221 An-Nisa. 65 Dan masih banyak lagi ayat-Ayat Al-Qur8217an Yang semakna dengan ayat - ayat di atas ua merupakan nash atau ketentuan hukum Yang mewajibkan Agar Supaya masalah-masalah Yang diperselisihkan itu dikembalikan kepada Al-Qur8217an dan Hadits, selain mewajibkan kita Agar rela terhadap Hukum yang ditetapkan oleh keduanya (Al-Qur8217an dan Hadits). Demikianlah Yang dikehendaki oleh Islam, dan merupakan perbuatan baik bagi seorang hamba terhadap Tuhannya, baik di dunia atau di akherat nanti, sehingga pastilah ia Akan menerima Balasan Yang setimpal. Dalam pembicaraan masalah malam Nisfu Sya8217ban Ibnu Rajab berkata dalam bukunya 8220Lathaiful Ma8217arif8221, 8220Para Tabi8217in Dari ahli Syam (Syiria, Sekarang) seperti Khalid bin Ma8217daan, Makhul, Luqman dan Verschiedenes pernah mengagung-agungkan dan berijtihad melakukan ibadah Pada malam Nisfu Sya8217ban kemudian Orang Orang Berikutnya mengambil keutamaan dan pengagungan itu dari mereka. Dikatakan bahwa Mereka melakukan perbuatan demikian itu karena adanya cerita-cerita israiliyat, tatkala masalah itu tersebar ke Penjuru dunia, berselisihlah Kaum muslimin ada yang menerima dan menyetujuinya ada juga Yang mengingkarinya. Golongan Yang menerima adalah Ahli Bashrah dan lainyya seang golongan Yang mengingkarinya adalah mayoritas Ulama Hedschas (Saudi-Arabien, Sekarang), seperti Atha8217 dan Ibnu Abi Malikah dan dinukil oleh Abdurrahman bin Zaid bi Aslam Dari fuqaha8217 Madinah, yaitu ucapan Ashhabu Malik dan gelegen-Verschiedenes. Mereka mengatakan bahwa semua peruanischen itu bid8217ah. Adapun pendapat ulama8217 ahli Syam berbeda dalam pelaksanaannya dengan dua pendapat: 1. Menghidup-hidupkan malam Nisfu Sya8217ban dalam Masjid dengan berjamah adalah mustahab (disukai Allah). Dahulu Khalid bin Ma8217daan dan Luqman bin Amir memperingati malam tersebut dengan memakai Pakaian paling Baru dan mewah, membakar menyan, memakai celak dan Mereka Bangun malam menjalankan shalatul lail di Masjid. Ini Genehmigt oleh Ishaq bin Ruhwiyah ua berkata: 8220Menjalankan ibadah di Masjid Pada malam itu Secara Jamaah tidak bid8217ah.8221 Hal ini dicuplik oleh Harbu Al-Kirmany. 2. Berkumpulnya Manusia Pada malam Nisfu Sya8217ban di Masjid untuk Shalat, bercerita dan berdo8217a adalah makruh hukumnya, tetapi boleh jika menjalankan Shalat khusus untuk dirinya sendiri. Ini pendapat Auza8217iy imam ahlu syam, sebagai ahli fiqh als cendekiawan mereka. Insya Allah pendapat inilah Yang mendekati kebenaran, sedangkanpendapat Imam Ahmad tentang malam tentang malam Nisfu Sya8217ban ini, tidak diketahui.8221 Ada dua riwayat sebagai Sebab cenderungnya diperingati malam Nisfu Sya8217ban, Dari antara dua riwayat Yang menerangkan tentang dua malam Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Dalam satu riwayat berpendapat bahwa memperingati dua malam Hari Raya dengan berjamaah adalah tidak disunnahkan, karena hal itu belum pernah dikerjakan oleh Nabi Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam dan para shahabatnya. Riwayat gelegen berpendapat bahwa malam tersebut disunnahkan, karena Abdurrahman bin Yazid bin Aswad pernah mengerjakannya, dan ia termasuk tabi8217in, begitu pula tentang malam Nisfu Sya8217ban, Nabi belum pernah mengerjakannya atau menetapkannya, termasuk juga para sahabat, itu hanya ketetapan Dari golongan tabi8217in ahli fiqih Syam . Demikian maksud dari Al-Hafizh Ibnu Rajab (semoga Allah melimpahkan rahmat kepadanya). Ia mengomentari bahwa tidak ada suatu ketetapan Wortspiel tentang malam Nisfu Sya8217ban ini, baik itu dari Nabi maupun dari para shahabat. Adapun pendapat Imam Auza8217iy tentang bolehnya (istihbab) menjalankan Shalat Pada malam hari itu Secara individu dan penukilan Al-Hafizh Ibnu Rajab dalam pendapatnya itu adalah gharib dan dhaif, karena segala perbuatan Syariah Yang belum pernah ditetapkan oleh Dalil-Dalil syar8217iy, tidak boleh bagi seorang pun Dari Kaum muslimin mengada - adakannya dalam Islam, baik itu dikerjakan Secara individu ataupun Kolektif, baik itu dikerjakan Secara Sembunyi-Sembunyi ataupun terang - terangan, Sebab keumuman Hadits Nabi: 8220Barangsiapa mengerjakan Suatu Amalan (dalam agama) yang tidak kami perintahkan, maka ia Tertolak.8221 hat ein neues Objekt erhalten: Dan banyak lagi hadits-hadits hat ein neues Objekt erhalten: yang mengingkari perbuatan hat ein neues Objekt erhalten: bid8217ah dan memperingatkan agar dijauhi. Imam Abubakar Ath-Thurthusyiy berkata dalam bukunya, 8220Al-Hawadits wal Bida8221, 8220Diriwayatkan oelh Wadhdhah Dari Zaid bin Aslam berkata: kami belum pernah Melihat seorang pun Dari sesepuh dan ahli fiqih kami Yang menghadiri perayaan malam Nisfu Sya8217ban, tidak mengindahkan Hadits Makhul (dhaif) Dan tidak pula memandang anzeigen adanya keutamaan pada malam tersebut terhadap malam-malam lainnya. Dikatakan kepada Ibnu Malikah bahwasanya Ziad Ein Numairiy berkata: Pahala Yang didapat (Dari ibadah) Pada malam Nisfu Sya8217ban menyamai pahala Lailatul Qadar. Ibnu Malikah menjawab: Seandainya sagt mendengarnya sedang di tangan saya ada tongkat, pasti saya pukul. Ziad adalah seorang penceramah. Al-8217Allaamah Syaukani Menulis dalam bukunya, Al-Fawaaidul Majmu8217ah, sebagai berikut: Hadits: 8220Wahai Ali, barangsiapa melakukan Shalat Pada malam Nisfu Sya8217ban sebanyak 100 rakaat ia membaca setiap rakaat Al-Fatiha dan Qul Huwallahu Ahad sebanyak Sepuluh kali, pasti Allah memenuhi segala kebutuhannya8230 dan seterusnya.8221 Hadits ini adalah maudhu8217, pada lafazh-lafazhnya menerangkan tentang pahala yang akan diterima oleh pelakunya adalah tidak diragukan kelemahannya bagi orang berakal, sedangkan sanadnya majhul (tidak dikenal). Hadits ini diriwayatkan dari jalan kedua als ketiga, kesemuanya maudhu8217 als perawi-perawinya majhul. Dalam kitab 8220Al Mukhtashar8221 Syaukani melanjutkan. Hadits Yang menerangkan Schalat Nisfu Sya8217ban adalah batil. Ibnu Hibban meriwayatkan Hadits Dari Ali radiAllahu 8216anhu: Jika datang malam Nisfu Sya8217ban bershalat malamlah dan berpuasalah Pada siang harinya, adalah dhaif. Dalam buku Allaali8217 diriwayatkan bahwa: Seratus rakaat dengan tulus ikhlas Pada malam Nisfu Sya8217ban adalah pahalanya Sepuluh kali Lipat. Hadits riwayat Anzeigen Dailamiy, hatits ini maudhu8217 tetapi mayoritas perawinya pada jalan ketiga majhul dan dhaif (leman). Imam Syaukani b b b b b......................................................... (Einen Kommentar zu diesem Titel hinzufügen) Empfehlungen Wenn Ihnen dieser Film gefallen hat, empfehlen wir: - - - - Es ist dir nicht erlaubt, auf Beiträge zu antworten. Es ist dir nicht erlaubt, Anhänge hochzuladen. Es ist dir nicht erlaubt, deine Beiträge zu bearbeiten. BB-Code ist an. Smileys sind an. Telah diriwayatkan bahwa, Shalat Pada malam ini, yakni malam Nisfu Sya8217ban Yang Telah tersebar ke seluruh pelosok dunia itu, semuanya adalah bathil / tidak Benar dan haditsnya adalah maudhu8217. Anggapan itu tidak bertentangan dengan riwayat Tirmidzi Dari Hadits Aisyah bahwa Rasulullahs shalallahu 8216alaihi wasallam Pergi ke Baqi8217 dan Tuhan turun ke langit dunia Pada malam Nisfu Sya8217ban untuk mengampuni Dosa sebanyak Anzahl der Beiträge bulu domba dan bulu kambing. Sesungguhnya perkataan tersebut berkisar tentang Shalat Pada malam itu, tetapi Hadits Aisyah ini lemah dan sanadnya munqathi8217 (terputus) sebagaimana Hadits Ali Yang Telah disebutkan di atas mengenai malam Nisfu Sya8217ban, jadi dengan jelas bahwa Shalat malam itu juga lemah dasarnya. Al-Hafizh Al-Iraqi berkata: Hadits (Yang menerangkan) tentang Shalat Nisfu Sya8217ban maudhu8217 dan pembohongan atas diri Rasulullahs shalallahu 8216alaihi wasallam. Dalam kitab Al Majmu8217, Imam Nawawi berkata: Shalat Yang sering kita kenal dengan Shalat Raghaib ada (berjumlah) dua belas raka8217at dikerjakan antara Maghrib dan Isya8217 Pada malam Jum8217at pertama bulan Rajab dan Shalat Seratus rakaat Pada malam Nisfu Sya8217ban. Dua Schalat itu adalah bid8217ah dan mungkar. Tak boleh seseorang terpedaya oleh kedua hatits itu hanya karena telah krieg von dalam buku Quutul Quluub dan Ihya8217 Ulumuddin. Sebab pada dasarnya hatte-hadits tersebut batil (tidak boleh diamalkan). Kita tidak Boleh Cepat mempercayai orang-orang yang menyamarkan hukum bagi Kedua Hadits, yaitu Dari kalangan Aimmah Yang kemudian mengarang lembaran-lembaran untuk membolehkan pengamalan Kedua Hadits, dengan demikian berarti salah kaprah. Syaikh Imam Abu Muhammad Abdurrahman Ibnu Ismail al Muqadaasiy Telah mengarang sebuah buku Yang berharga Beliau menolak (menganggap batil) Kedua Hadits (tentang malam Nisfu Sya8217ban dan malam Jum8217at pertama Pada bulan Rajab), ia bersikap (dalam mengungkapkan pendapatnya) dalam buku tersebut, sebaik mungkin . Dalam hal ini telah banyak pengapat para ahli ilmu maka jika kita hendak memindahkan pendapat mereka esu, akan memperpanjang pembicaraan kita. Semoga apa-apa Yang telah kita sebutkan tadi, cukup memuaskan bagi siapa saja yang berkeinginan untuk mendapat sesuatu yang haq. Dari penjelasan di atas tadi, seperti ayat-Ayat Al-Qur8217an dan beberapa Hadits serta pendapat para Ulama, jelaslah bagi Pencari kebenaran (Haq) bahwa peringatan malam Nisfu Sya8217ban dengan pengkhususan Shalat atau Verschiedenes, dan pengkhususan siang harinya dengan Puasa itu semua adalah bid8217ah dan mungkar tidak ada dasar sandarannya dalam syariat ini (Islam), bahkan hanya merupakan pengada-adaan saja dalam Islam setelah masa hidupnya para shahabat radiAllahu 8216anhu. Marilah kita hayati ayat Al-Qur8217an von bawah: 8220Artinya. Pada hari ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Kucukupkan kepadamu Nikmat-Ku dan Telah Kuridhoi Islam sebagai Agama bagimu.8221Al-Maidah. 3 Dan banyak lagi ayat-ayat liege yang semakna dengan ayat di atas. Selanjutnya Nabi shalallahu 8216alaihi wasallam bersabda: 8220Barangsiapa mengada-adakan sesuatu perkara dalam Agama (sepeninggalku), Yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak.8221 Dari Abu Hurairah radiAllahu 8216anhu ua berkata: Rasulullah pernah bersabda: 8220Janganlah kamu sekalian mengkhususkan malam Jum8217at daripada malam-malam Verschiedenes dengan Suatu Shalat, dan janganlah kamu sekalian mengkhususkan siang hariny autk berpuasa daripada hari-hari Verschiedenes, kecuali jika (sebelumnya) hari itu Telah berpuasa seseorang di antara kamu.8221 Hadits Riwayat. Muslim Seandainya pengkhususan Suatu malam dengan ibadah tertentu itu dibolehkan oleh Allah, maka bukanlah malam Jum8217at itu Lebih baik daripada malam-malam Verschiedenes, karena Pada hari itu adalah sebaik-baik hari yang disinari matahari Hal ini berdasarkan Hadits-Hadits Rasulullahs Yang shahih. Tatkala Rasulullahs shalallahu 8216alaihi wasallam melarang untuk mengkhususkan Shalat Pada malam hari itu daripada malam Verschiedenes, hal itu menunjukkan bahwa Pada malam gelegen pun Lebih tidak boleh dikhususkan dengan ibadah tertentu, kecuali jika ada Dalil shahih Yang mengkhususkannya / menunjukkan atas kekhususannya. Menakala Malam Lailatul Qadar dan Malam Malam Blan Puasa Itu Disyariatkan Supaya Shalat Dan bersungguh-sungguh dengan ibadah tertentu. Nabi mengingatkan als menganjurkan kepada umatnya agar supaya melaksanakannya, beliau Wortspiel juga mengerjakannya. Sebagaimana disebutkan dalam hasits shahih dari Nabi Muhammad von shalallahu 8216alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda: 8220Artinya. Barangsiapa berdiri (melakukan Shalat) Pada bulan Ramadhan dengan Penuh rasa Iman dan harapan (pahala), niscaya Allah Akan mengampuni dosanya Yang Telah lewat. Dan barangsiapa berdiri (melakukan Shalat) Pada malam Lailatul Qadar dengan Penuh rasa Iman dan harapan (pahala), niscaya Allah Akan mengampuni dosanya Yang Telah lewat.8221 Muttafaqun alaih Jika seandainya malam Nisfu Sya8217ban, malam Jum8217at pertama Pada bulan Rajab, serta malam Isra8217 Mi8217raj Diperintahkan, untuk, dikhususkan, dengan, upacara, atau, ibadah, tentang, pastilah, Nabi, Muhammad, shalallahu, 8216alaihi, wasamam, menunjukkan, kepada, umatnya, atia, beliau, menjalankannya, sendiri. Jika memang hal itu pernah terjadi, niscaya Telah disampaikan oleh para shahabat kepada kita Mereka tidak Akan menyembunyikannya, karena Mereka adalah sebaik-baik Manusia dan yang paling banyak memberi nasehat setelah para Nabi. Dari pendapat-pendapat ulama8217 tadi undeinem dapat menyimpulkan bahwasanya tidak ada ketentuan apapun Dari Rasulullahs ataupun Dari para shahabat tentang keutamaan malam Nisfu Sya8217ban dan malam Jum8217at pertama Pada bulan Rajab. Dari sini kita tahu bahwa memperingati perayaan Kedua malam tersebut adalah bid8217ah Yang diada-adakan dalam Islam, begitu pula pengkhususan dengan ibadah tentang adalah bid8217ah mungkar sama halnya dengan malam 27 Rajab Yang banyak diyakini orang sebagai malam Isra8217 dan Mi8217raj, begitu juga tidak Boleh dikhususkan dengan Ibadah - ibadah tertentu selain tidak boleh dirayakan dengan ibadah-ibadah tertentu selain tidak boleh dirayakan dengan upacara-upacara ritual, berdasarkan dalil-dalil-yang-krankheit tadi. Demikianlah, maka jika und einer sekalischen sudah mengetahui, bagaimana sekarang pendapat unda Yang benar adalah pendapat para ulama8217 yang menandaskischen tidak diketahuinya malam Isra8217 dan Mi8217raj secara tepat. Omongan orang hat ein neues Objekt erhalten: bahwa malam hat ein neues Objekt erhalten: isra dan Mi8217raj itu hat ein neues Objekt erhalten: jatuh pada tanggal hat ein neues Objekt erhalten: Rajab adalah batil hat eine neue Auszeichnung erhalten. Maka Benar Orang Yang Mengatakan 8220Dan Sebaik-Bai Suatu Perkara Adalah Yang Telah Dikerjakan Oleh Para Salaf, Yang Telah Mendapat Petunjuk. Dan sehina-hina perkara (dalam Agama), yaitu perkara Yang diada-adakan berupa bid8217ah-bid8217ah.8221 Allahlah Yang bertanggung Jawab untuk melimpahkan Taufiq-Nya kepada kita dan Kaum muslimin semua, Taufiq untuk tetap berpegang teguh dengan Sunna dan konsisten di atasnya, Serta waspada terhadap halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb halb Semoga shalawat dan salam selalu dilimpahkan kepada hamba-nya dan Rasul-Nya Muhammad shalallahu 8216alaihi wasallam begitu pula atas keluarga dan para shahabat beliau. Amin. Disalin Dari kitab Waspada Terhadap Bid8217ah Oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Penerjemah Farid Ahmad Oqbah, Riad: Ar-Raisah Al-Amma li-IdaratiAl-Buhuts Al-Ilmiah wa Al-Ifta wa Ad-Dawah wa Al-Irsyad, 1413 HSaya ingin minta pihak ustaz untuk menerangkan zentang pelaburan tukaran matawang asing dan juga perniagaan Forex. Bagaimana pula jika saya melakukan transaksi sendeniri dengan berbekalkan analisa sendeniri atau yang disediakan oleh broker dengan melayari internet. Kemudian memperolehi untung dari jualan dan belian matawang asing ini. Terima kasih Forex sumber Kewangan Keluarga Bagi menjawab soalan ini, undein perlu memahami dua jenis perkara iaitu: - 1 - Melabur wang ringgit unda ke dalam satu syarikat yang memperolehi untung melalui FOREX. 2- Melantik Satu-Plattform atau syarikat untuk menjalankan jual beli wang asing dan simpan. Semua transaksi dijalankan oleh und ein sendiri, syarikat hanya menyediakan Plattform dan mengambil upah perkhidmatan sahaja. Pertama. Hukum bagi melabur dalam Syarikat Yang menjalankan FOREX: Forex (Foreign Exchange) atau Yang Lebih dikenal dengan Perdagangan Mata wang Asing Ia merupakan Suatu jenis perdagangan / transaksi Yang memperdagangkan matawang Suatu negara terhadap matawang negara Verschiedenes Yang melibatkan Pasar-pasar matawang utama di dunia Selama 24 Jam secara berterusan. Benar, memang FOREX matawang adalah diharuskan, tetapi keharusannya tertakluk kepada sejauh mana ia menurut garis panduan Yang dikeluarkan Dari Hadithen Nabi Yang sohih. A............................................ Dalam bahasa Inggerisnya adalah auf der Stelle. Ia datang Banyak Hadis Antara Yang paling utama adalah:. . . . . . 1611. . 1611. Ertinya. Emas dengan Emas (ditukar atau diniagakan). Perak dengan Perak, gandum dengan gandum, Tamar dengan Tamar, Garam dengan Garam mestilah sama timbangan dan sukatannya, dan ditukar Secara Terus (Pada satu masa) dan sekiranya berlainan jenis, maka berjual-belilah kamu sebagaimana Yang disukai (Riwayat Muslim, kein 4039 keine Hadith 11/9). B - Nabi bersabda: - 161416151614 161716141616 1618161416161615 16161617161416141616 16161611 16141614 161416141614 Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan Secara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat Muslim, kein 1586, 3/1209) c - Manakala pembelian Secara Hutang Dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - 161716141616 161416181616 1617161416141616 16161618161416161616 161416181611 Ertinya. Rasulullah s. a.w melarang dari menjual emas an zweiter Stelle secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, Nr. 2070, 2/762) Hadis-Hadis di atas menyebut perihal displin Islam dalam pertukaran emas dan perak. Untuk Informasi, Ulama bersepakat bahawa matawang (Banknote) juga adalah sama displinnya dengan emas dan perak disebabkankan nilai dan fungsinya sebagai Tauschmittel. Justeru setiap verdrängen als syarat transaksi Yang melibatkan emas dan perak juga TERPAKAI pada urusan transaksi matwang. Demikianischer Keptusan Majlis Fiqh Antrabangsa als Juga Majlis Kewangan Islam Antarabangsa von bawah AAOIFI. FOREX dalam matawang Yang diuruskan oleh Syarikat konvensional sudah Pasti tidak Akan menjaga syarat ini kerana kebanyakan FOREX Yang dijalankan oleh institusi Konvensional adalah 8216Forward FOREX atau Forex Yang 8216Value vorwärts menggunakan (nilai masa hadapan) Yang tergolong dalam Riba Nasiah. Mereka juga kerap menggunakan SWAP, Optionen dan lain-lain Instrument Yang tidak halal di sisi Scharia. Ia..................................... Masalah dalam implementasi FOREX adalah bertangguh dalam penyerahan dari kedua-dua pihak. Tatkala itu aqad menjadi batal (Radd al-Muhtar ala ad-durr, 4/531). Tidak Saya nafikan, bahawa terdapat sesetengah Institusi Kewangan Islam Yang melakukan forex ini setelah mendapatkan kelulusan Majlis Penasihat Shariah Mereka, Namun semua Mereka hanya terlibat dalam FOREX jenis SPOT dan bukannya jenis 8216Forward jika adapun jenis vorwärts ia menggunakan konsep Al-WAD atau Einseitige Versprechen dan ia Telah disepakati keharusannya. Apa yang pasti, Majlis Scharia mereka telah meletakkan beberapa syarat als bukannya secara bebas begitu sahaja. Justeru MELABUR MODAL (BEERTI ANDA MELABUR DAN KEMUDIAN TUNGGU UNTUNG SAHAJA) DEL DALAM INDIVIDUELLE KÖNIGLICHE KÖNIGKEITEN. Ia adalah keputusan Tafel Penasihat Shariah dunia yang bernaung di bawah nama Rechnungswesen amp Audit Organisation für islamische Institutionen (AAOIFI). Antara Panel penasihat Shariahnya adalah Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Prof. Dr. Syeikh Wahbah Zuhayli, Prof. Dr. Syeikh Siddiq Dharir, Syeikh Abdullah al-Mani, Dr. Abd Sattar Abu Ghuddah, Syeikh Dr. Nazih Hammad, Syeikh Dr. Hussain Hamid Hassan, Syeikh Nizam Yaquby, Dr. Mohd Daud Bakar, Syeikh Al-Ayashi al-Sadiq Fadad, Syeikh Dr. Ajil Nashmi und ramai lagi. KEDUA. Hukum FOREX TRADING Yang dijalankan sendiri - Bagi mengetahui hukum bagi bentuk Kedua ini, pertama-Tamanya ia tertakluk kepada: - a - Kesohihan dan kewibawaan Syarikat Plattform Dari Sudut lesennya dan pengenalannya. Ia diperlukan bagi mengelak und ein ditipu oleh plattform syarikat yang tidak sebenar. Butiran terperinci berkenaan Plattform ini mestilah diteliti als Boleh diperolehi. Jika tidak, transaksi und ein adalah syubhat dari awal lagi keran terdapat unsur gharar. B - Jika-Plattform tersebut punyai wibawa als verkleinern serta info yang sangat mencukupi, pekara kedua adalah menilai akta-akata berkaiatan dengan aktivität ini dari badan berwajib di Malaysia. Ini perlu bagi memastikan und ein tidak terlibat dengan aktiviti menyalahi undang-undang Negara. Jika Yang Kedua juga lulus, Saya kira transaksi jual matawang Asing dan Simpan dan kemudian jual semula apabila harga tukarannya naik adalah Harus kerana ia Secara automatiknya dilaksanakan menurut kaedah 8216spot. ................................................... Setakat apa yang diterangkan alle individuellen yang terlibat dan yang tahu berkenaan cara forex handel memlali internet ini. Ia seperti berikut: - 1) Ia mempunyai Mindestmodal. Sebastian contoh USD 1, USD 100 dan lain-lain, ia berbeza mengikut polisi syarikat Devisenhandel masing-masing. 2) Dengan modal itu, pihak syarikat Plattform-Devisenhandel ini akan membukakan satu akaun khas buat peserta. Setelah itu, pihak peserta, akan, menentukan, samada, untuk, muku, kaunter, jualan, matawangnya, dalam, akaun, atau, membuka, kaunter, belianisch. Gambaran mudahnya adalah: - Jetzt kaufen USD 100 yang dibeli dengan tukaran semasa hari tersebut USD 1 RM 3.6, dan dibuka kaun 8216selling melalui platform syarikat tersebut. Sebagai contoh, pada esok harinya apabila dilakukan analisa terhadap pegerakan nilai matawang, didapati nilai USD mengukuh berbanding Ringgit iaitu USD 1 RM 4 Tatkala itu, ua Akan menekan Taste jual USD 100 dan memperolehi RM 400. Ini bermakna ia Telah beroleh keuntungan sebanyak RM 40 berbanding Harga belian asalnya tadi. Pihak Syarikat FOREX ini MESTILAH memasukkan seluruh RM 400 itu sebaik sahaja transaksi jual beli dilakukan, Tidak DIBENARKAN DILEWATKAN ATAU DIMASUKKAN SEBAHAGIAN SAHAJA, jika dalam contoh di atas, hanya RM 40 dimasukkan, manakala baki modal sebanyak RM 360 hanya Akan dimasukkan sejurus peserta menutup akaun Pada Hari tersebut Isu Scharia. Jama ini tidak berlaku, maka ia lulus dari sudut Scharia, namun jika kelewatan berlaku, isu Scharia di sini adalah berlaku penangguhan dalam penyerahan matawang ringgit. Ini menjadikan ia bercangah dengan arahan Nabi s. a.w: - Dalam menukar wang dengan wang, Nabi Telah menyebut garis panduan Yang mesti dipatuhi iaitu: 161416151614 161716141616 1618161416161615 16161617161416141616 16161611 16141614 161416141614 Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan Secara serentak (serah terima dalam satu masa) (Riwayat Muslim, kein 1586, 3/1209) Manakala pembelian Secara Hutang Dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - 161716141616 161416181616 1617161416141616 161616181616 161416181611 Ertinya. Rasulullah sah melarang Dari menjual emas dan perak Secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, kein 2070, 2/762) Imam An-Nawawi Telah menyebut dengan Terang bahawa para Ulama Telah bersepakat wajibnya syarat serah terima dalam satu masa atau 8216Taqabud Samada Secara hakiki (fizikal ) Atah hukmi (melalui mediuam Internet tetapi punyai bukti seperti resit atau nota elektronischen Yang menunjukkan transaski sah) (Syarah Sohih Muslim) Cadangan. Mesti dipastikan bahawa semasa transkasi jual beli dilakukan, kesemua modal dicampur Untung dimasukkan di dalam akaun kita tanpa sebarang Tangguh, dan Secara automatik juga kita boleh mengeluarkan wang tersebut tanpa sebarang halangan. 3) Terdapat syarikat yang mensyaratkan mindestens modales yang tinggi seperti USD 1000 dan lain-lain jumlah. Untuk itu mereka menawarkan apa yang dinamakan Hebelwirkung yangmana modal peserta akan digandakan. Sebagai contoh, katalah modal sebenar undein adalah USD 100. Maka und ein dikehendaki memilih atau secara pilihan memlih gandaan yang dikehendaki. Seperti 1. 10 Beerti modal undeinem Akan digandakan kepada 10 kali Menjadi USD 1000 atau jika memilih 1: 100, Beerti modal undeinem Menjadi USD 10000. Dengan Anzahl der Beiträge Baru inilah matawang undeinem Akan di pasarkan di pasaran. Hukum Leverage: Takrif Leverage: Die Verwendung verschiedener Finanzinstrumente oder Fremdkapital wie Marge, um die potenzielle Rendite einer Investition zu erhöhen. Leverage kann durch Optionen, Futures, Marge und andere Finanzinstrumente geschaffen werden. Zum Beispiel sagen Sie haben 1.000 zu investieren. Dieser Betrag könnte in 10 Aktien der Microsoft-Aktien investiert werden, aber um die Hebelwirkung zu erhöhen, könnten Sie die 1.000 in fünf Optionskontrakte investieren. Sie würden dann steuern 500 Aktien anstatt nur 10. (Rujukan) Jika benarlah apa yang Saya gambarkan ini, transaksi Forex menggunakan Leverage ini adalah HARAM kerana ia dikira menjual matawang Yang tidak di dalam MILIK undeinem. Milik sebenar und ein hanyalah USD 100 tetapi yang dijual adalah 10.000. Ia berdasarkan apa yang erblich oleh Nabi s. a.w: 1614 161416161618 1616161816141614 Ertinya. Janganlah kamu menjual sesuatu Yang tidak di dalam milikmu (Riwayat Abu Daud, 3504, 3/283) Malah Saya juga hampir Pasti, Wang Yang digandakan oleh Syarikat itu dikira sebagai pemberian pinjaman dan sudah tentu Mereka Akan mengambil sedikit keuntungan Samada diketahui atau tidak diketahui Oleh peserta. Jika ini berlaku, sekali lagi Riba telah berlaku. Bagi mengelakkan perkara yang ditegah ale Islam dari berlaku di sini, penggunaan Hebelwirkung 1: 1 sahaja yang dibenarkan. Wallahualam. 4) Diberitakan juga pihak syarikat menasihatkan peserta agar menggunakan modalnya kurang dari 30 bagi mengurangkan risiko semasa handeln dijalankan. Dan jika terdapat masalah kemungkinan Rugi atau apa yang dinamakan Margin Call, pihak peserta dibenarkan untuk membuka kaunter satu lagi Samada jual atau beli bagi menyeimbangkan kemungkinan Rugi. Pandangan. Wallahualam, jika semunya dilaksanakan dengan jelas dan perancangan Yang betul. Setakat ini Saya tidak Nampak adanya masalah Shariah dalam tindakan ini, kerana apa Yag dilakukan adalah membuka kaunter Baru, kalau sebelum ini ia membuka kaunter jual sahaja, maka apabila di posisi jual didapati boleh membawa kerugian ua dengan Segera mebuka kaunter beli, bagi memperolehi keuntungan pula. Semuanya adalah harus jika dilaksanakan menurut syarat di atas tadi, tiada leverage, tiada tangguh, dan wang yang telah diperolehi boleh dikeluarkan pada bila-bila masa. Wallahualam. Walaupun berniaga sendiri forex dan memenuhi syarat ini boleh dikira halal, namun ia bukanlah sesuatu yang disukai oleh polisi ekonomi di dalam Islam, pertamanya kerana menurut pandangan ekonomi dalam Islam, matawang adalah medium of exchange sahaja dan ia bukanlah komoditi yang wajar diniagakan bagi memperolehi untung dari perbezaan nilainya. Kita tahu nilai matwang kini tidak lagi bersandarkan emas atau perak, wang kertas hari ini (fiat money) tidak mempunyai nilai tersendiri (seperti logam emas dan perak) kecuali nilainya datang dari pasaran global yang ditentukan oleh demand and supply di pasaran dunia. Justeru, menjadikan cara ini bagi memberikan anak dan isteri makan bukanlah satu bentuk kerjaya yang terpuji di dalam Islam. Malah ia sebenarnya membantu sistem kapitalis dan menguatkan sistem ekonomi yang mereka anjurkan. Justeru, fikirkanlah. Jika anda tidak ingin menerima padangan saya, tidak mengapa tetapi bacalah pendapat ulama besar kewangan Islam sedunia iaitu Syeikh Mufti Taqi Uthmani dalam hal ini: Forex Currency Trading Q.) Is Forex Currency Trading halal I have attached a document detailing the aspects of the business. A.) I went throught the papers sent by you. I am of the opinion that these transactions are not compliant with Shariah. The very condition that you cannot take delivery of the purchased currency makes it impermissible. Morever, there are other elements according to my knowledge that makes this trade unlawful in Shariah, such as, forward sales, short sales etc. This is in addition to the fact that the currencies are originally a medium of exchange and should only be exchanged for personal use in different countries. To make them a tradable commodity only for earning a profit is also against the basic philosophy of Islamic economics. I would therefore not advise you to indulge in this trade. Adalah menjadi kewajipan bagi setiap muslimin untuk memiliki fikrah Islam yang soheh. Justeru itu setiap muslim dan muslimat perlu kembali merujuk kepada sumber asli iaitu al-Quran dan sunnah Rasulullah salallahu alaihi wassalam. Misi al-Fikrah ialah memurnikan ajaran Islam dari pencemaran aqidah-aqidah yang menyimpang, pencemaran ayat-ayat al-Quran dari takwilan dan unsur Israeliyat, pencemaran al-Sunnah dari hadis-hadis lemah dan palsu, juga pemurnian hukum-hukum fiqih, akhlak dan sistem nilai. Ini dinamakan tasyfiyah al-fikriyah. Kemudian di atas pemurnian semula Islam itu dilancarkan pula proses pembinaan (tarbiyah) generasi baru Muslim. Imam al-Muhaddith al-Albani adalah pencetus manhaj tasyfiyah dan tarbiyah salafiyah ini. Koleksi link Malaysia, sila klik. al-Fikrah. net, Al-Ahkam. net, Minda Tajdid, Hafiz Firdaus, Al-Qayyim Net, Darul Kautsar, Pertubuhan Kebajikan Al-Nidaa Koleksi link Indonesia sila klik: Darus Salaf, Al Sofwah, Isnet Tulis Dr Qaradhawy Koleksi link bahasa inggeris sila klik: Kalamullah, Dr. Bilal Philip, Islamic Tube Net, Islam Online Net Koleksi link rujukan sila klik: Quran Exploer, Sahih Bukhari, Muslim, Sunan Abu Daudcape banget hari ini8230 ntah kenapa waktu maen futsal tadi vertigo ak kambuh8230 jadi maen futsal hari ini kurang asik soalnya banyak istirahat aku hehehe8230. gak begitu lama peluit yg jaga lapangan bunyi8230 eh gak kerasa dah 1 jam8230 saatnya pulang8230 tapi kok ada yg beda ya waktu jalan pulang8230 banyak org pake baju muslim mo berbondong-bondong ke mushalla8230 eh baru ingat ak kata temenku pagi tadi8230 ni malam nispu syaban8230 ehmmmm8230 kalo ak sih kurang ngerti kek gituan8230 eittsssssssss8230 jangan mikir aku bukan muslim ya8230 I8217m proud to be a muslim8230 cuman ak dari dulu emang ga pernah ikutan puasa nispu hihhi8230 kalo dulu sih cuman ikut lingkungan aja khususnya keluargaku8230 kalo sekarang ak cuman menjalankan yg bener aja hehehe8230 maaf kalo ada yg gak setuju dan marah8230 silahkan baca tulisan dibawah ini dulu8230 hasil googling tadi. langsung copas disini8230 Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Taala telah berfirman (yang artinya) : 8220Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan nikmat-Ku dan telah Kuridhai Islam sebagai agama bagimu 8220. (QS. Al Maidah. 3). Dan Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam pernah pernah bersabda (yang artinya): 8220Barang siapa mengada-adakan satu perkara (dalam agama) yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak 8220. (HR. Bukhari Muslim) dalam riwayat Muslim (yang artinya): 8220Barang siapa mengerjakan perbuatan yang tidak kami perintahkan (dalam agama) maka ia tertolak8221. Masih banyak lagi hadits-hadits yang senada dengan hadits ini, yang semuanya menunjukan dengan jelas, bahwasanya Allah telah menyempurnakan agama ini untuk umat-Nya. Dia telah mencukupkan nikmat-Nya bagi mereka. Dia tidak mewafatkan nabi Muhammad Shalallahualaihi Wassallam kecuali setelah beliau menyelesaikan tugas penyampaian risalahnya kepada umat dan menjelaskan kepada mereka seluruh syariat Allah, baik melalui ucapan maupun pengamalan. Beliau menjelaskan segala sesuatu yang akan diada-adakan oleh sekelompok manusia sepeninggalnya dan dinisbahkan kepada ajaran Islam baik berupa ucapan ataupun perbuatan, semuanya bid8217ah yang tertolak, meskipun niatnya baik. Para sahabat dan ulama mengetahui hal ini, maka mereka mengingkari perbuatan-perbuatan bid8217ah dan memperingatkan kita dari padanya. Hal ini disebutkan oleh mereka yang mengarang tentang pengagungan sunnah dan pengingkaran bid8217ah seperti Ibnu Wadhah dan Abi Syamah dan lainnya. Diantara bid8217ah yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah bid8217ah mengadakan upacara peringatan malam nisyfu sya8217ban dan mengkhususkan hari tersebut dengan puasa tertentu. Padahal tidak ada satupun dalil yang dapat dijadikan sandaran, memang ada beberapa hadits yang menegaskan keutamaan malam tersebut akan tetapi hadits-hadits tersebut dhaif sehingga tidak dapat dijadikan landasan. Adapun hadits-hadits yang menegaskan keutamaan shalat pada hari tersebut adalah maudhu8217 (palsu). A1 Hafidz ibnu Rajab dalam bukunya 8220Lathaiful Ma8217arif 8216 mengatakan bahwa perayaan malam nisfu sya8217ban adalah bid8217ah dan hadits-hadits yang menerangkan keutamaannya adalah lemah. Imam Abu Bakar At Turthusi berkata dalam bukunya alhawadits walbida8217. 8220Diriwayatkan dari wadhoh dari Zaid bin Aslam berkata :8221kami belun pernah melihat seorangpun dari sesepuh ahli fiqih kami yang menghadiri perayaan nisyfu sya8217ban, tidak mengindahan hadits makhul (dhaif) dan tidak pula memandang adanya keutamaan pada malam tersebut terhadap malam-malam lainnya8221. Dikatakan kepada Ibnu Maliikah bahwasanya Ziad Annumari berkata: 8220Pahala yang didapat (dari ibadah ) pada malam nisyfu sya8217ban menyamai pahala lailatul qadar. bnu Maliikah menjawab. Seandainya saya mendengar ucapannya sedang ditangan saya ada tongkat, pasti saya pukul dia. Ziad adalah seorang penceramah. Al Allamah Syaukani menulis dalam bukunya, fawaidul majmuah, sebagai berikut. Hadits. 8220Wahai Ali barang siapa melakukan shalat pada malam nisyfu sya8217ban sebanyak seratus rakaat. ia membaca setiap rakaat Al Fatihah dan Qulhuwallahuahad sebanyak sepuluh kali, pasti Allah memenuhi segala 8230. dan seterusnya. Hadits ini adalah maudhu8217, pada lafadz-lafadznya menerangkan tentang pahala yang akan diterima oleh pelakunya adalah tidak diragukan kelemahannya bagi orang berakal, sedangkan sanadnya majhul (tidak dikenal). Hadits ini diriwayatkan dari jalan kedua dan ketiga, kesemuanya maudhu 8216 dan perawi-perawinya majhul. Dalam kitab 8220Al-Mukhtashar8221 Syaukani melanjutkan. 8220Hadits yang menerangkan shalat nisfu sya8217ban adalah batil8221 . Ibnu Hibban meriwayatkan hadits dari Ali. 82208230Jika datang malam nisfu sya8217ban bershalat malamlah dan berpusalah pada siang harinya8221. Inipun adalah hadits yang dhaif. Dalam buku Al-Ala8217i diriwayatkan : 8220Seratus rakaat dengan tulus ikhlas pada malam nisfu sya8217ban adalah pahalanya sepuluh kali lipat8221. Hadits riwayat Ad-Dailamy, hadits ini tidak maudhu tetapi mayoritas perawinya pada jalan yang ketiga majhul dan dho8217if. Imam Syaukani berkata. 8220Hadits yang menerangkan bahwa dua belas raka8217 at dengan tulus ikhlas pahalanya adalah tiga puluh kali lipat, maudhu8217. Dan hadits empat belas raka8217at 8230.dst adalah maudhu8221. Para fuqoha8217 banyak yang tertipu oleh hadits-hadits maudhu8217 diatas seperti pengarang Ihya8217 Ulumuddin dan sebagian ahli tafsir. Telah diriwayatkan bahwa sholat pada malam itu yakni malam nisfu sya8217ban yang telah tersebar ke seluruh pelosok dunia semuanya adalah bathil (tidak benar) dan haditsnya adalah maudhu8217. Al-Hafidh Al-Iraqy berkata. 8220Hadits yang menerangkan tentang sholat nisfu sya8217ban maudhu8217 dan pembohongan atas diri Rasulullallah Shalallahualaihi Wassallam. Dalam kitab Al-Majmu8217, Imam Nawawi berkata :8221Shalat yang sering kita kenal dengan shalat ragha8217ib berjumlah dua belas raka8217at dikerjakan antara maghrib dan isya8217 pada malam jum8217at pertama bulan rajab, dan sholat seratus raka8217at pada malam nisfu sya8217ban, dua sholat ini adalah bid8217ah dan mungkar. Tak boleh seorangpun terpedaya oleh kedua hadits tersebut hanya karena telah disebutkan didalam kitab Qutul Qulub dan Ihya8217 Ulumuddin, sebab pada dasarnya hadits-haduts tersebut bathil (tidak boleh diamalkan). Kita tidak boleh cepat mempercayai orang-orang yang menyamarkan hukum bagi kedua hadits yaitu dari kalangan a8217immah yang kemudian mengarang lembaran-lembaran untuk membolehkan pengamalan kedua hadits tersebut. Syaikh Imam Abu Muhammad Abdurrahman bin Isma8217 il Al-Maqdisy telah mengarang suatu buku yang berharga beliau menolak (menganggap bathil) kedua hadits diatas. Dalam penjelasan diatas tadi, seperti ayat-ayat Al-Qur8217an dan beberapa hadits serta pendapat para ulama jelaslah bagi pencari kebenaran (haq) bahwa peringatan malam nisfu sya8217 ban dengan pengkhususan sholat atau lainnya, dan pengkhususan siang harinya degan puasa itu semua adalah bidah dan mungkar tidak ada dasar sandarannya didalam syari8217at Islam ini, bahkan hanya merupakan perkara yang diada-adakan dalam Islam setelah masa hidupnya para shahabat. Marilah kita hayati ayat Al-Qur8217an dibawah ini (yang artinya): 8220Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan Ku-Ridhoi Islam sebagai agamamu8221. Dan banyak lagi ayat-ayat lain yang semakna dengan ayat diatas. Selanjutnya Nabi Shallallahu 8216alaihi wa sallam bersabda (yang artinya): 8220Barang siapa mengada-adakan satu perkara (dalam agama) yang sebelumnya belum pernah ada, maka ia tertolak8221. (HR. Bukhari Muslim). Dalam hadits lain beliau bersabda (yang artinya): 8220Janganlah kamu sekalian mengkhususkan malam jum 8216at dari pada malam-malam lainnya dengan suatu sholat, dan janganlah kamu sekalian mengkhususkan siang harinya untuk berpuasa dari pada hari-hari lainnya, kecuali jika sebelum hari itu telah berpuasa8221 (HR. Muslim). Seandainya pengkhususan suatu malam dengan ibadah tertentu itu dibolehkan oleh Allah, maka bukankah malam jum8217at itu lebih baik dari pada malam-malam lainnya, karena hari jum8217at adalah hari yang terbaik yang disinari oleh matahari. Hal ini berdasarkan hadits-hadits Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam yang shohih. Tatkala Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam telah melarang untuk mengkhususkan sholat pada malam hari itu ini menunjukkan malam yang lainnya lebih tidak boleh lagi. Kecuali jika ada dalil yang shohih yang mengkhususkannya. Manakala malam lailatul Qadar dan malam-malam bulan puasa itu disyari8217atkan supaya sholat dan bersungguh-sungguh dengan ibadah tertentu, Nabi mengingatkan dan menganjurkan kepada ummatnya agar supaya melaksanakannya, beliaupun juga mengerjakannya. Sebagaimana disebutkan didalam hadits yang shohih (yang artinya): 8220Barang siapa melakukan sholat pada malam bulan ramadhan dengan penuh rasa iman dan mengharap pahala niscaya Allah akan mengampuni dosanya yang telah lewat. Dan barangsiapa yang melakukan sholat pada malam lailatul Qadar dengan penuh rasa iman niscaya Allah akan mengampuni dosa yang telah lewat8221 (Muttafaqun 8216alahi). Jika seandainya malam nisfu sya8217ban, malam jum8217at pertama pada bulan rajab, serta malam isra8217 mi8217raj diperintahkan untuk dikhususkan dengan upacara atau ibadah tertentu, pastilah Rasululah Shalallahualaihi Wassallam menjelaskan kepada ummatnya atau menjalankannya sendiri. Jika memang hal ini pernah terjadi, niscaya telah disampaikan oleh para shahabat kepada kita, mereka tidak akan menyembunyikannya, karena mereka adalah sebaik-baik manusia dan yang paling banyak memberi nasehat setelah Rasululah Shalallahualaihi Wassallam. Dari pendapat-pendapat ulama tadi anda dapat menyimpulkan bahwa tidak ada ketentuan apapun dari Rasulullah Shalallahualaihi Wassallam ataupun dari para sahabat tentang keutamaan malam malam nisfu sya8217ban dan malam jum8217at pertama pada bulan Rajab. Dari sini kita tahu bahwa memperingati perayaan kedua malam tersebut adalah bidah yang diada-adakan dalam Islam, begitu pula pengkhususan dengan ibadah tertentu adalah bid8217ah mungkar sama halnya dengan malam 27 Rajab yang banyak diyakini orang sebagai malam Isra dan Mi8217raj, begitu juga tidak boleh dirayakan dengan upacara-upacara ritual, berdasarkan dalil-dalil yang disebutkan tadi. (Diringkas/ disadur dari kitab Tahdzir minul bida8217 karya Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Oleh An Nafi8217ah dan redaksi). makasih dah mo jalan2 ke blog aku8230 8230 kalo masalah copas itu8230 ya saat ini ak cuman bisa itu aja8230 mencari referensi langsung ak publish8230 karena otakku belum kuat buat menghapal hadist28230 apalagi dengan segala penjelasannya8230 walapun dengan kondisi seperti itu8230 aku juga ingin berbagi pada banyak orang8230 btw dakwah bukan kewajiban ulama aja tapi semua orang muslim8230 tentunya dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan yg dimiliki8230 Gak bisa puasa itu, kebetulan pas libur ivonie. makasih dah berkunjung8230 Ane kaga puasa juga bro8230. kebetulan nga niat dan salah satunya karena hadist-hadist di atas. Banyak orang mengatakan itu puasa pemutihan. Wieh8230. enak banget ya8230. katanya 8220dosa-dosa kita dihapuskan,8221 udah kayak Pajak kenderaan bermotor82308230. pake pemutihan. Tapi alasan kuatnya tidak ikut-ikutan karena belum ada panggilan. hehehe syafwan. nunggu panggilan apa ni hahhahaha8230 kalo nyangkut nispu. miris bgt ak denger kata temenku kalo puasa nispu pahalanya sama dengan puasa satu bulan8230 dia bilang puasa nispu harus dilakukan biar puasa bln ramadhan walaupun ada bolong ga papa8230 hehehehe8230 aneh2 aja ya sebenernya gimana ya, tapi klomenurut saya lebih baik piasa aja deh, hehe, kan dapat pahala, blognya simple tapi powerfull mas, salam kenal8230.. Thanks for the nice post Refrensi yang aku cari banget deh ini. Bakal aku tunjukin ke temen temen aku (walaupun pasti ngga di percaya, sih :D) Aku memang ga pernah puasa ini, tapi temen guru aku pada puasa ini, yah biarin aja deh kepercayaan orang yang penting aku gak ikutan (egois) :p masih muda, punya pemikiran seperti itu.. salut gan.
Comments
Post a Comment